header-int

AMN Adakan Lawatan Ke Luar Negeri

Kamis, 15 Feb 2018, 09:26:28 WIB - 197 View
Share
AMN Adakan Lawatan Ke Luar Negeri

Pada hari Senin-Jumat, 22-26 Januari 2018, Direktur Akademi Maritim Nusantara (AMN) Cilacap, RP Yohanes Damianus, OMI, SS mengadakan kunjungan luar negeri ke empat tempat di dua negara yang berbeda. Negara petama yang dikunjungi adalah Malaysia. Di Negeri Jiran ini, ada tiga tempat yang dikunjungi. Tempat pertama adalah Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Kuching, Serawak, tempat yang ke dua adalah Institut Teknologi Maklumat Nusantara (NIIT College) dan tempat yang ke tiga adalah Swinburne University of Technology  Sarawak Campus.

Pertemuan dengan Konsulat Jenderal Kantor Perwakilan Konsuler Indonesia, Jahar Gultom di Kuching, Serawak bertujuan melaporkan usulan kerjasama yang akan dilaksanakan oleh anggota PAPKI (Perhimpunan Akademi dan Politeknik Katolik Indonesia).  Akademi Maritim Nusantara (AMN) Cilacap sebagai anggota PAPKI menjadi motor dalam kerjasama dengan Institut Teknologi Maklumat Nusantara (NIIT College) dan Swinburne University of Technology Sarawak Campus. Kerjasama yang dimaksud adalah kerjasama dalam bidang pelatihan bahasa Inggris serta kerjasama dalam bidang penelitian. Pihak dari Konjend RI di Kuching sangat mendukung dan akan memfasilitasi kerjasama yang akan berlangsung antara pihak Indonesia dan Institusi-Institusi di Kuching, Serawak, Malaysia.


Swinburne University of Technology Sarawak Campus merupakan satu-satunya kampus cabang yang beroperasi penuh dari Swinburne University di luar Australia. Swinburne University of Technology Sarawak Campus menawarkan gelar kelulusan yang sama dengan Swinburne University Australia dengan biaya pendidikan yang lebih ekonomis dari Australia. Rencana kerjasama dari pertemuan dengan Swinburne University Sarawak Campus adalah pelatihan Bahasa Inggris bagi para dosen Bahasa Inggris di Institusi-institusi PAPKI maupun program beasiswa S2 TESOL dosen Bahasa Inggris.

Kemungkinan kerjasama antara PAPKI dan NIIT College yang dapat dijajaki antara lain adalah program transfer ke salah satu universitas di China selama 2 tahun untuk mendapatkan gelar sarjana, pertukaran dosen, pelatihan bahasa Mandarin untuk para dosen di China maupun pertukaran pelajar dengan mahasiswa China dengan jangka waktu pendek, menengah, maupun panjang.

Selain Malaysia, negara ke dua yang dikunjungi adalah Singapura. Di negeri Singa ini, tempat yang dituju adalah Singapore Maritime Academy (SMA). Bentuk-bentuk kerjasama yang akan dilakukan AMN dengan Singapore Maritime Academy adalah pertukaaran staf selama kurang lebih 2 minggu. Staf AMN datang ke Singapore Maritime Academy untuk mempelajari hal-hal baru yang ditemukan di sana dan dapat diterapkan di AMN serta pelatihan pedagogi pengajaran untuk para dosen bekerja sama dengan Singapore Polytechnic.

Unidha Akademi Maritim Nusantara bertekad untuk: Menjadi Pusat Pelatihan dan Pengembangan Pendidikan Maritim yang peduli pada kaum papa dan dapat memberi kontribusi keahlian yang unggul dalam industri maritim nasional dan internasional pada tahun 2025, dengan cara: Menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan maritim tingkat akademi yang merespons masalah keadilan sosial dan integritas ciptaan sesuai dengan standar mutu nasional maupun internasional, Menyelenggarakan penelitian untuk pengembangan ilmu maritim yang kritis dan bernuansa kekinian yang bertaraf nasional dan internasional, Menyelenggarakan pengabdian pada masyarakat dalam pemberdayaan di bidang kemaritiman.
© 2018 Akademi Maritim Nusantara Follow Akademi Maritim Nusantara : Facebook Twitter Linked Youtube