header-int

Peringati Sumpah Pemuda AMN Adakan Gerakan Gandeng Tangan Bersih Pantai

Senin, 04 Des 2017, 20:29:39 WIB - 219 View
Share
Peringati Sumpah Pemuda AMN Adakan Gerakan Gandeng Tangan Bersih Pantai

Sabtu, 28 Oktober 2017 dalam rangka Sumpah Pemuda Akademi Maritim Nusantara (AMN) Cilacap mengadakan Gerakan Gandeng Tangan Bersih Pantai di Pantai Teluk Penyu. Sebanyak sekitar 280 calon taruna-taruni serta taruna-taruni tingkat II dan III AMN mengikuti kegiatan tersebut. Selain mengadakan bersih pantai AMN juga menggandeng STIKES Al-Irsyad Al Islamiyyah untuk cek kesehatan gratis.

Sebelum kegiatan bersih pantai dilaksanakan, didahului dengan apel pagi. Altril Rayendra, S.Tr selaku Pembantu Direktur III menjadi Perwira Pengawas didampingi oleh beberapa staf dan dosen. Dalam pidatonya Altril Rayendra, S.Tr menyampaikan ucapan terimakasih atas kehadiran para undangan. “Kami semua mempunyai visi yang sama untuk menjaga lingkungan, yakni keberbersihan pantai. Beberapa hari ini saya melihat memang kondisi Pantai Teluk Penyu luar biasa kotor. Saya juga melihat ada begitu banyak sampah dan tentunya dengan pasukan sejumlah ini, setelah telah kami hitung tidak akan selesai dalam sehari. Namun kita buat saja apa yang bisa kita bisa, apa yang mampu kita kerjakan ya kerjakan saja. Bahwa target selesai, nanti kita pikir belakangan saja. Yang paling penting adalah daripada kita hanya berpikir dan update status di sana sini tentang kotornya pantai mungkin kita bekerja saja. Pagi ini apa yang bisa kita kerjakan, kerjakan saja. Target yang utama adalah apa yang kita lihat kotor ya itulah yang kita bersihkan.” Altril Rayendra, S.Tr menegaskan dalam pidatonya.

Pada kesempatan ini AMN mengundang SMA Yos Sudarso dan SMA Negeri 3 untuk ikut serta dalam kegiatan bersih pantai. Fajar salah seorang siswa dari SMA Negeri 3 Cilacap berharap agar acara bersih-bersih pantai semacam ini bisa menjadi kegiatan rutin.” Acara seperti ini sangat bagus kalau bisa acara seperti ini menjadi acara rutin setiap
tahun. Karena sampah tentunya datang terus jadi mending dirutinin saja. Acara seperti ini bagus sekali apalagi ada kerjasama antara kami dengan kakak-kakak dari AMN.”

Wahyu Ari Nugroho salah seorang Staff Resimen Sie Olahraga berharap agar kedepannya masyarakat maupun pengunjung yang datang ke pantai ini bisa menjaga kebersihan dan meningkatkan kesadaran untuk membuang sampah pada tempatnya. “Alam itu untuk dijaga, janganlah kita merusaknya agar alam tetap menjadi indah.”

Bersih pantai ini dilaksanakan hingga pukul 11 siang. Setelah itu mahasiswa dari STIKES Al-Irsyad Al Islamiyyah mengadakan pemeriksaan kesehatan gratis berupa tes tensi darah, kolesterol dan gula darah. Kegiatan ini ditutup dengan Tarian Aster yang dibawakan oleh para calon taruna-taruni.

Deddy Eko Prasetyo (Anggota Cadet Journalism ANCHOR AMN)

Unidha Akademi Maritim Nusantara bertekad untuk: Menjadi Pusat Pelatihan dan Pengembangan Pendidikan Maritim yang peduli pada kaum papa dan dapat memberi kontribusi keahlian yang unggul dalam industri maritim nasional dan internasional pada tahun 2025, dengan cara: Menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan maritim tingkat akademi yang merespons masalah keadilan sosial dan integritas ciptaan sesuai dengan standar mutu nasional maupun internasional, Menyelenggarakan penelitian untuk pengembangan ilmu maritim yang kritis dan bernuansa kekinian yang bertaraf nasional dan internasional, Menyelenggarakan pengabdian pada masyarakat dalam pemberdayaan di bidang kemaritiman.
© 2018 Akademi Maritim Nusantara Follow Akademi Maritim Nusantara : Facebook Twitter Linked Youtube