header-int

Sejarah Akademi Maritim Nusantara

Posted by : Administrator
Share

Selayang Pandang

Berawal dari Kota Surakarta, pada 1962 berdiri sebuah Akademi yang bernama Akademi Ilmu Maritim (AIM). Akademi ini bernaung di bawah Yayasan Pembina Pendidikan Kemaritiman (YPPK) Surakarta. AIM memiliki 2 (dua) jurusan yakni Jurusan Teknik Mesin Kapal (TMK) dan Jurusan Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga (KPN). Pada tahun 1976, akademi sejenis didirikan oleh YPPK Surakarta menggantikan AIM yaitu Akademi Maritim Swasta (AKS) III Surakarta. Berdirinya AKS III ini memiliki tujuan untuk mendidik para mahasiswa atau yang lebih popular disebut taruna agar kelak menjadi insan bahari yang handal dan profesional.

Pada saat didirikan, Akademi ini bernaung di bawah Perhubungan Laut. Namun setalh terjadi perubahan dan peraturan pemerintah yang menyebutkan bahwa semua institusi Pendidikan harus bernaung di bawah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan maka sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 0388/01/1986 tanggal 22 Mei 1986, status AKS tidak lagi di bawah Perhubungan Laut.

Perpindahan dari Surakarta ke Cilacap

Pemilihan kota Surakarta sebagai tempat studi kemaritiman dipandang kurang sesuai. Hal tersebut dikarenakan Surakarta bukanlah kota pelabuhan yang dekat dengan pantai yang ideal untuk lebih mengenal laut dan segala aspeknya. Akhirnya Cilacap dipilih sebagai pengganti Surakarta dengan pertimbangan Cilacap mempunyai pelabuhan alam di Laut Selatan.

Laut disekitar CIlacap mengandung biota laut yang lengkap, di samping hutan bakau yang merupakan habitat biota yang berguna bagi kehidupan manusia. Keuntungan lain yang didapat dengan memilih Cilacap sebagai pengganti Surakarta untuk Pusat Pendidikan Kemaritiman adalah adanya aktivitas pelabuhan Cilacap yang sudah lama dijadikan penunjang industri-industri yang ada di Cilacap dn sekitarnya. Hal ini tentu akan berguna bagi taruna untuk pelatihan sebelum lulus dan terjun bekerja di kapal-kapal maupun di pelabuhan/terminal.

Lahirnya Akademi Maritim Nusantara Cilacap

Tahun 1984 AKS III Surakarta dengan segenap pengurus YPPK, staf pengajar, staf administrasi dan taruna, eksodus ke Cilacap. Pada tanggal 14 Februari 1985 dihadapan notaris YPPK membuat akte notaris baru. Nama Akademi berganti dari Akademi Maritim Swasta (AKS) III Surakarta menjadi AKADEMI MARITIM NUSANTARA (AMN).

Sejak berganti nama pada 14 Februari, AMN memulai kiprahnya dalam dunia pendidikan tinggi di Cilacap. AMN menjadi satu-satunya Akademi Maritim yang berada di Cilacap dan bernaung di bawah YPPK. Namun dalam perjalanan, keberadaan YPPK mengalami pasang surut sehingga pada 1988 dilakukan merger dengan Yayasan Sosial Bina Sejahtera (YSBS) Cilacap. Dalam merger tersebut disepakati bahwa YPPK terdiri dari Badan Pendiri dan Badan Pengurus. Kesepakatan ini tertuang dalam Akte Perubahan yang diterbitkan oleh Notaris Endang Soedarwati, SH, Nomor 22 tanggal 10 Februari 1988.

Berlandas pada Peraturan Pemerintah yang dituangkan dalam PP Nomor 63 tahun 2008 tentang pelaksanaan UU Yayasan, maka kepengurusan Yayasan disempurnakan oleh Notaris dan Pejabat pembuat akte tanah Yudha Setyagraha Tedianto, SH, MM, M.Kn Nomor 27. Penyempurnaan tersebut dilakukan pada tanggal 31 Januari 2011 dengan terlebih dahulu mendaftarkan YPPK pada Departemen Hukum dan HAM Republik Indonesia. Perubahan pengurus Yayasan ini tidak mempengaruhi eksistensi dan keberlanjutan Akademi Maritim Nusantara, namun justru berpengaruh pada kinerja dan pengembangan Akademi Maritim Nusantara selanjutnya.

Hingga saat ini AMN menyelenggarakan pendidikan tinggi jenjang Diploma III (D-III) yang terdiri dari 3 (tiga) Program Studi yaitu Program Studi Teknika (TMK), Program Studi Pengelolaan Pelabuhan (PP) dan Program Studi Nautika (NTK). Ketiga program studi tersebut telah terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi (DIKTI) dengan nilai B (BAIK). Akademi Maritim Nusantara Cilacap juga sudah terakreditasi B oleh BAN-PT serta sudah mendapatkan approval dari Direktorat Jenderal Perhubungan Laut.

Sertifikat Akreditasi Institusi

Unidha Akademi Maritim Nusantara bertekad untuk: Menjadi Pusat Pelatihan dan Pengembangan Pendidikan Maritim yang peduli pada kaum papa dan dapat memberi kontribusi keahlian yang unggul dalam industri maritim nasional dan internasional pada tahun 2025, dengan cara: Menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan maritim tingkat akademi yang merespons masalah keadilan sosial dan integritas ciptaan sesuai dengan standar mutu nasional maupun internasional, Menyelenggarakan penelitian untuk pengembangan ilmu maritim yang kritis dan bernuansa kekinian yang bertaraf nasional dan internasional, Menyelenggarakan pengabdian pada masyarakat dalam pemberdayaan di bidang kemaritiman.
© 2018 Akademi Maritim Nusantara Follow Akademi Maritim Nusantara : Facebook Twitter Linked Youtube