Detail Journal
Author LUSIANI
Kategori Prosiding
Download 20180307-KAJIAN KONSEP TERMODINAMIKA DAN KAITANNYA DENGAN PRASYARAT MATA KULIAH METEOROLOGI MARITIM PADA JURUSAN NAUTIKA (1).pdf
Judul KAJIAN KONSEP TERMODINAMIKA DAN KAITANNYA DENGAN PRASYARAT MATA KULIAH METEOROLOGI MARITIM PADA JURUSAN NAUTIKA
Abstract ABSTRAK

Telah dilakukan kajian tentang konsep termodinamika siswa SMA serta kaitannya dengan prasyarat mata kuliah meteorologi maritim pada jurusan nautika. Pengkajian dilakukan dengan menggunakan tes buatan sendiri. Setelah dilakukan pembelajaran terkait konsep termodinamika, kemudian dilakukan post-test. Tes yang diberikan akan memberikan gambaran penguasaan konsep termodinamika yang dikaji pada siswa SMA, kemudian dikaitkan atau sebagai landasan materi yang akan dilanjutkan jika mengikuti mata kuliah meteorologi maritim pada jurusan nautika pada jenjang selanjutnya.

Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, diperoleh nilai Sig. 0.122 lebih besar dari 0.05. maka dapat disimpulkan bahwa Ho diterima. Sehingga tingkat kesulitan belajar termodinamika pada siswa SMA sama. Apabila ditelaah lebih mendalam, diketahui bahwa nilai untuk kelompok teori matematis (pemecahan masalah) lebih rendah dibandingkan dengan nilai siswa pada kelompok konsep hukum.

Hasil kajian menunjukkan bahwa siswa yang telah mempelajari materi termodinamika, mengalami kesulitan dalam hal matematis. Penguasaan konsep siswa sudah cukup baik namun kesulitan atau kendala yang dihadapi siswa sebagian besar yaitu kesalahan dalam perhitungan matematis atau pemecahan masalah. Dalam mempelajari fisika terutama terkait termodinamika maka syarat utama adalah siswa harus menguasai konsep matematis, hal ini karena hampir sebagian besar konsep dalam fisika menggunakan persamaan matematis. Penguasaan konsep matematis akan menjadi dasar atau landasan siswa dapat menguasai konsep fisika terkait termodinamika, selanjutnya penguasaan konsep termodinamika digunakan sebagai dasar penguasaan konsep meteorologi maritim. Hal ini dikarenakan dalam meteorologi maritim konsep-konsep termodinamika menjadi acuan dasar. Sehingga dapat disimpulkan bahwa siswa dapat menguasai konsep meteorologi maritim apabila sebelumnya siswa telah menguasai konsep termodinamika dengan baik dan benar.


Kata kunci : termodinamika, meteorogi maritim, nautika.