Detail Journal
Author LUSIANI
Kategori Nasional
Download 20180309-JURNAL LUSI 2017.pdf
Judul PERSEPSI NELAYAN TERKAIT KONDISI CUACA TERHADAP HASIL TANGKAPAN IKAN DI DAERAH PESISIR CILACAP
Abstract Penelitian telah dilakukan tentang persepsi nelayan terkait kondisi cuaca terhadap hasil tangkapan ikan di daerah pesisir cilacap. Tujuan yang akan dicapai dalam kajian ini yaitu menganalisis tingkat persepsi nelayan dengan mewawancarai beberapa nelayan maupun pengepul hasil tangkapan ikan yang diperoleh langsung setelah nelayan mendapatkan ikan.
Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, diperoleh nilai sig. 1.0 lebih besar dari 0.05. maka dapat disimpulkan bahwa Ho diterima. Sehingga tingkat persepsi nelayan terkait kondisi cuaca terhadap hasil tangkapan ikan positif. Hasil analisis menunjukkan bahwa persepsi nelayan terkait kondisi cuaca dapat mempengaruhi hasil tangkapan ikan. Secara khusus bahwa jika nelayan mengetahui bahwa cuaca buruk pada saat dini hari, maka nelayan memiliki persepsi bahwa hal tersebut akan mempengaruhi hasil tangkapan ikan yang diperoleh pada hari tersebut. Apabila cuaca sangat cerah dalam arti temperatur udara sangat tinggi (panas) yang disertai angin kencang, maka kuantitas maupun kualitas hasil tangkapan ikan ikut terpengaruh. Dari segi kualitas yaitu ikan yang diperoleh berupa ikan yang belum layak panen artinya tidak ada ikan berukuran besar yang berkualitas baik, sedangkan dari segi kuantitas maka jumlah ikan yang terkumpul masih belum maksimal.
Berdasarkan analisis dan pembahasan yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa bahwa persepsi nelayan saat kondisi cuaca baik maka akan sebanding dengan hasil tangkapan ikan yang diperoleh pada hari tersebut, sedangkan persepsi nelayan saat kondisi cuaca buruk maka akan sebanding dengan hasil tangkapan ikan yang diperoleh dengan hari tersebut. Sehingga dapat disimpulkan bahwa persepsi nelayan terkait kondisi cuaca relevan dengan hasil tangkapan ikan nelayan tersebut.


Kata kunci: persepsi, cuaca, tangkapan ikan