Detail Journal
Author LUSIANI
Kategori Nasional
Download 20180309-Jurnal Saintara_v.2.3_A4-1.Lusi.pdf
Judul ANALISA PERSEPSI SISWA SMA TERHADAP KONSEP TERMODINAMIKA DAN KETERKAITANNYA DENGAN KONSEP METEOROLOGI MARITIM
Abstract Telah dilakukan penelitian tentang Analisa Persepsi Siswa SMA terhadap Konsep Termodinamika dan Keterkaitannya dengan Konsep Meteorologi Maritim. Tujuan yang akan dicapai dalam kajian ini yaitu menganalisis tingkat persepsi siswa dengan menggunakan alat tes buatan sendiri terkait konsep termodinamika dan kaitannya dengan meteorologi maritim. Metode dalam penelitian ini berupa gabungan antara survei dan kajian literatur. Dalam penelitian ini penulis mengambil lokasi di SMA Negeri 1 Kedungreja. Pengambilan sampel di lingkup Sekolah Menengah Atas dikarenakan materi Termodinamika terdapat dalam kurikulum SMA. Dalam studi penelitian ini, data yang digunakan adalah data hasil belajar ranah afektif siswa. Hasil belajar pada ranah afektif diperoleh dengan menggunakan angket studi kemaritiman. Instrumen yang digunakan yaitu menggunakan angket studi kemaritiman dalam ranah afektif.
Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, diperoleh nilai sig. 0.287 lebih besar dari 0.05. maka dapat disimpulkan bahwa Ho diterima. Sehingga tingkat persepsi konsep termodinamika terkait meteorologi maritim pada siswa SMA positif. Hasil analisis menunjukkan bahwa siswa yang telah memperoleh konsep termodinamika akan memiliki persepsi bahwa termodinamika yang dipelajari saat SMA secara lebih lanjut akan berkaitan dengan konsep meteorologi maritim dalam dunia kemaritiman. Persepsi siswa sudah cukup baik namun dalam mempelajari kemaritiman lebih lanjut harus memiliki dasar persepsi yang baik, terutama terkait termodinamika. Sehingga dapat disimpulkan bahwa siswa memiliki persepsi yang baik (positif) terkait konsep termodinamika dengan meteorologi maritim pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
Berdasarkan analisis dan pembahasan yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa siswa yang telah memperoleh konsep termodinamika akan memiliki persepsi bahwa termodinamika yang dipelajari saat SMA secara lebih lanjut akan berkaitan dengan konsep meteorologi maritim dalam dunia kemaritiman. siswa memiliki persepsi yang baik (positif) terkait konsep termodinamika dengan meteorologi maritim pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Kata Kunci: maritim, meteorologi, persepsi, termodinamika