header-int

DANLANAL CILACAP BERIKAN MATERI BELA NEGARA KEPADA TARUNA TARUNI BARU AKADEMI MARITIM NUSANTARA

Sabtu, 07 Sep 2019, 23:06:59 WIB - 78 View
Share
DANLANAL CILACAP BERIKAN MATERI BELA NEGARA KEPADA TARUNA TARUNI BARU AKADEMI MARITIM NUSANTARA

 

Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Cilacap, Lantamal V, Koarmada ll, Kolonel Laut (P) Adi Lumakasna, S. Sos., memberikan materi Bela Negara kepada Taruna Taruni Akademi Maritim Nusantara di  Aula Lantai V Kampus AMN, Cilacap, Selasa (3/9).

Danlanal Cilacap dalam kuliah umumnya memberikan gambaran tentang perlunya pemahaman Bela Negara kepada generasi muda dalam rangka penyiapan Pertahanan Semesta.

Materi ini diberikan dengan tujuan agar para Taruna – Taruni memiliki dasar pengetahuan tentang Bela Negara.

Dihadapan ratusan Taruna – Taruni AMN, Danlanal menyampaikan bahwa bela negara bukan berati harus berperang,  tapi apa manfaat yang bisa diberikan untuk masyarakat sekitar.

Bela Negara lanjutnya, adalah sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 dalam menjalin kelangsungan hidup bangsa dan negara yang seutuhnya.

Menurutnya, kepemimpinan yang berwawasan Bela Negara adalah seni untuk membangkitkan kesadaran segenap elemen masyarakat, Bangsa dan Negara yang diwujudkan menjadi suatu sinergi yang kuat dan untuh guna melindungi negara dari segala macam ancaman gangguan hambatan tantangan, berdasarkan nilai – nilai luhur Bangsa dalam rangka  mewujudkan negara berdaulat adil dan makmur.

“Kepemimpinan adalah seni dan kemampuan untuk mempengaruhi orang lain,  agar mau melakukan suatu tindakan,  perbuatan, kegiatan dalam rangka mencapi tujuan tertentu,” ungkap Danlanal.

Dikesempatan yang sama Direktur AMN Altril Rayendra, S. tr,  mengungkapkan salah satu wujud Bela Negara khususnya bagi Taruna – Taruni ialah apa yang bisa diberikan kepada AMN Cilacap.

“Saya atas nama AMN mengucapakan terima kasih kepada Danlanal  Cilacap atas penyampaian materi Bela Negara dan selama AMN berdiri banyak dibantu oleh pihak Lanal Cilacap,  untamanya dalam pendidikan karakter melalui kegiata Latihan Dasar Kepemimpinan (LDDK) yang sampai saat ini masih berlangsung ,” ujarnya.

Unidha Akademi Maritim Nusantara bertekad untuk: Menjadi Pusat Pelatihan dan Pengembangan Pendidikan Maritim yang peduli pada kaum papa dan dapat memberi kontribusi keahlian yang unggul dalam industri maritim nasional dan internasional pada tahun 2025, dengan cara: Menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan maritim tingkat akademi yang merespons masalah keadilan sosial dan integritas ciptaan sesuai dengan standar mutu nasional maupun internasional, Menyelenggarakan penelitian untuk pengembangan ilmu maritim yang kritis dan bernuansa kekinian yang bertaraf nasional dan internasional, Menyelenggarakan pengabdian pada masyarakat dalam pemberdayaan di bidang kemaritiman.
© 2019 Akademi Maritim Nusantara Follow Akademi Maritim Nusantara : Facebook Twitter Linked Youtube
WhatsApp-Button