Pemanfaatan Google Classroom dan Video Pembelajaran berbasis Problem Solving sebagai Solusi Kegiatan Belajar Mengajar di Era Pandemi Covid-19

  • Luthfiana Tarida Akademi Maritim Nusantara
  • Indriyani Akademi Maritim Nusantara
Keywords: Google Classroom, Video Learning, Problem Solving, Covid-19

Abstract

Covid-19 virus has an impact on changing learning patterns in Indonesia. The government invests in schools and lectures, but instructs them to continue teaching without face-to-face learning. Such learning requires the help of technological media that can be accessed anywhere. This is in line with the industrial revolution 4.0 which required educators and learners to use technology media in education. The media selected in this article are Google Classroom and Video Learning. The utilization of both media was applied to several courses at Akademi Maritim Nusantara Cilacap, among them applied mathematics and accounting and taxation of shipping companies. The materials in the learning video are presented in the form of problems, such as linear interpolation materials and budgeting. Therefore, it is necessary to plan and prepare material that is constructivism, so that cadets can play an active role. The material is presented on a problem solving basis, stimulating cadets to solve problems and then construction the concept of problem solving results. Utilization of Google Classroom equipped with Problem Solving-based Learning Video can be an alternative solution to online learning in the Covid-19 Pandemic Era. This is because educators and students do not need to come face-to-face. Students can access Google Classroom and learning videos with the help of PC/mobile devices and internet networks, without meeting in person, thus minimizing the increase in Covid19 sufferers.

References

Virus Covid-19 memberikan dampak pada perubahan pola pembelajaran di Indonesia. Pemerintah meliburkan sekolah dan perkuliahan, namun menginstruksikan untuk tetap melakukan kegiatan belajar mengajar tanpa tatap muka. Pembelajaran yang demikian membutuhkan bantuan media teknologi yang dapat diakses dimanapun. Hal ini sejalan dengan revolusi industri 4.0 yang mengharuskan pendidik dan peserta didik menggunakan media teknologi dalam pendidikan. Media yang dipilih pada artikel ini yaitu, Google Classroom dan Video Pembelajaran. Pemanfaatan kedua media tersebut diterapkan pada beberapa matakuliah di Akademi Maritim Nusantara Cilacap, di antaranya matakuliah Matematika Terapan dan Akuntansi dan Perpajakan Perusahaan Pelayaran. Materi dalam video pembelajaran disajikan dalam bentuk permasalahan, seperti materi interpolasi linear dan penganggaran. Oleh karena itu diperlukan perencanaan dan penyusunan materi yang bersifat konstruktivisme, sehingga taruna/i dapat berperan aktif. Materi yang disajikan dengan basis problem solving, merangsang taruna/i untuk menyelesaikan masalah kemudian mengkontruksi konsep dari hasil penyelesaian masalah. Pemanfaatan Google Classroom yang dilengkapi dengan Video Pembelajaran berbasis Problem Solving dapat menjadi solusi alternatif pembelajaran daring di Era Pandemi Covid-19. Hal ini karena pendidik dan peserta didik tidak perlu bertatap muka langsung. Peserta didik dapat mengakses Google Classroom dan video pembelajaran dengan bantuan perangkat PC/handphone dan jaringan internet, tanpa bertemu langsung, sehingga meminimalisir angka kenaikan penderita Covid-19.

[1] Desrina Yusi Irawati dan Jonatan, ”Evaluasi Kualitas Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19: Studi Kasus di Fakultas Teknik, Universitas Katolik Darma Cendika”, Jurnal Rekayasa Sistem Industri, 9 (2), hlm 135-144, (2020).
[2] Yuliani, Meda et al, “Pembelajaran Daring untuk Pendidikan: Teori & Penerapan”, Yayasan Kita Menulis, Jakarta, 2020.
[3] Budi Purwanti, ”Pengembangan Media Video Pembelajaran Matematika dengan Model Assure”, Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, 3 (1), hlm 42- 47, (2019).
[4] Fitri Ratna Sari, ”Penerapan Pembelajaran Example Non Example Berbantu Video Animasi Matematika untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa”, Jurnal Ekuivalen 31 (1), hlm 37-42, (2018).
[5] Saeful Nurdin, ”Pemahaman Google Classroom Peserta Diklat Subtantif Peningkatan Kompetensi Multimedia di Kementerian Agama Kabupaten Tasikmalaya”, Tatar Pasundan Jurnal Balai Diklat Keagamaan Bandung, XIII (2), hlm 134-141, (2019).
[6] M. Zed, ”Metode Penelitian Kepustakaan”, Yayasan Obor Indonesia, Jakarta, 2014.
[7] Farah Chalida Hanoum dan Mia Hermaliana, ”Penggunaan Google Classroom untuk Mendukung Perkuliahan di IAI-N Laa Roiba Bogor”. Religion Education Social Laa Roiba Journal 1 (1), hlm 16-44, (2019).
[8] Hamdan Husein Batubara dan Delila Sari Batubara, ”Penggunaan Video Tutorial Untuk Mendukung Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Virus Corona 1 PGMI”, Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 5 (2), hlm 74- 84, (2020).
Published
2020-10-15